I’m a-be Doing NaNo This Year. You?

Di internet, ada yang namanya NaNoWriMo. Singkatan dari National Novel Writing Month, yang diikuti oleh ratusanribu orang (kalo bukan jutaan) dari seluruh dunia setiap taun di bulan November.

Badge NaNoWriMo 2010

Seperti namanya, NaNoWriMo ini (dalam bahasa saya) adalah semacam festival menulis novel yang boleh diikuti oleh siapa saja. Pelajar sekolah, ibu rumah tangga, tukang becak, presiden, pengusaha, penulis profesional, dsb boleh ikutan tanpa dibedakan dan tanpa dipungut biaya. Dan siapapun yang berhasil menulis novelnya sepanjang minimal 50.000 kata selama 30 hari di bulan November, dinobatkan sebagai pemenang. Ini bukan hal yang sulit karena angka 50.000 itu kalo dibagi 30 berarti kita cuma ‘wajib’ menulis 1667 kata per hari. Kalopun nggak sampe 50.000 juga nggak ada yang ngelarang. It’s just a challenge.

Selain cuma 50.000 kata, partisipan NanoWrimo juga nggak harus menulis novel dengan standar mutu tertentu. Lantaran ini ajang lebih mirip semacam ‘latihan’ menulis, kita diminta untuk konsen nulis aja, sebanyak-banyaknya. Nggak perlu terlalu merisaukan soal tata bahasa, diksi, style, angle, approach, mbelgedhes… pokok’e nulis! Inilah yang menerbitkan secercah harapan, bahwasanya novel dalam kepala saya bakal jadi tulisan beneran. Sudah sejak kecil saya pengeeen gitu bisa nulis novel sendiri! Maka dengan demikian, saya ikut NaNoWriMo taun ini. Soal nanti novelnya jadi buku yang laris dibeli orang atau sekedar file yang menuh-menuhin hard-disk komputer, urusan belakang. Yang penting nulis aja dulu.

Novelnya bercerita tentang apa ya, mbak? (mendadak nongol seorang wartawan infotainment)

Nah, itu dia, saya masih bingung. Antara kisah cinta anak remaja, atau sebuah novel satir mengenai penciptaan manusia dan alam semesta. Cerita pertama based on true story, cuman nanti pasti ada fictionalization di beberapa sudut lah yaa… Cerita ke dua, well… Bakal kontroversial kayanya… Kemungkinan kaum fanatik sok agamis dan laskar pembela agama (agama apapun) bakal sewot kalo sampe baca novel saya. Hehehe… ketinggian kalo ngayal…

Setelah daftar jadi peserta NaNoWriMo 2011, saya menemukan bahwa peserta dari Indonesia lumayan banyak. Per sore tadi ada 560-an peserta yang dari Indonesia saja. *Jadi seneng kalo banyak temennya gini…!!* Kamu ikutan?

Iklan

12 responses

  1. ahahaha… Sekarang sih yang kepikiran cuma kisah remaja. Tapi di belakangnya, banyak ide-ide cerita lain yang bikin saya jadi bingung. Tauk nih… Ntar diposting aja kali ya ide-ide ceritanya..? Barangkali ada yang minat ikut NaNo tapi nggak tau mau nulis tentang apa… Hehe…

Ngerumpi yuuk...!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s